Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) ANEMIA PADA IBU HAMIL





SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)
ANEMIA PADA IBU HAMIL


PENDAHULUAN


   Masa kehamilan merupakan masa dimana tubuh sangat membutuhkan asupan makan yang maksimal baik untuk jasmani maupun rohani (selalu rileks dan tidak stress). Di masa-masa ini pula, wanita hamil sangat rentan terhadap menurunnya kemampuan tubuh untuk bekerja secara maksimal. Wanita hamil biasanya sering mengeluh sering letih, kepala pusing, sesak nafas, wajah pucat dan berbagai macam keluhan lainnya. Semua keluhan tersebut merupakan indikasi bahwa wanita hamil tersebut sedang menderita anemia pada masa kehamilan.
Anemia pada kehamilan di Indonesia masih tinggi, dengan angka nasional 65% yang setiap daerah mempunyai variasi berbeda. Anemia gangguan medis yang paling umum ditemui pada masa hamil, mempengaruhi sekurang – kurangnya 20% wanita hamil. Wanita ini memiliki insiden komplikasi puerperal yang lebih tinggi, sepertiinfeksi, daripada wanita hamil dengan nilai hematologi normal.
Penyakit ini terjadi akibat rendahnya kandungan hemoglobin dalam tubuh semasa mengandung. Anemia ini secara sederhana dapat kita artikan dengan kurangnya sel-sel darah merah di dalam darah daripada biasanya.
Anemia menyebabkan penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen. Jantung berupaya mengonpensasi kondisi ini dengan meningkatkan curah jantung. Upaya ini meningkatkan kebebasan kerja jantung dan menekan fungsi ventricular. Dengan demikian, anemia yang menyertai komplikasi lain (misalnya, preeklampsia) dapat mengakibatkan jantung kongestif.
Oleh sebab itu penulis ingin membahas makalah satuan acara penyuluhan (SAP) dengan tema “Anemia Pada Ibu Hamil” karena anemia masih menjadi salah satu penyakit yang menyertaikehamilan dan menyebabkan berbagai komplikasi pada kehamilan.
SATUAN ACARA PENYULUHAN
(SAP)

Pokok bahasan            : Asuhan pada ibu hamil
Sub pokok bahasan     : Anemia pada ibu hamil
Sasaran                        : Ibu hamil
Jumlah sasaran            : 15 orang
Penyuluh                     :
Jam /waktu                  : 30 menit
Tempat                        :
Hari/tanggal                :

A.      Tujuan Instruksi umum (TIU)
Setelah mengikuti pendidikan kesehatan pada ibu hamil di harapkan dapat menambahpengetahuan tentang anemia

B.       Tujuan Instruksional khusus (TIK)    
Setelah mengikutipenyuluhan diharapkan ibu dapat mengetahui tentang:
1.      Pengertian anemia dan anemia pada ibu hamil.
2.      Ciri-ciri ibu hamil dengan anemia.
3.      Macam-macam anemia pada ibu hamil dan penyebabnya.
4.      Akibat anemia pada ibu hamil.
5.      Penatalaksanaan dan pencegahan anemia pada ibu hamil.
6.      Menjelaskan cara minum tablet zat besi yang benar.

C.      Materi
Terlampir

D.      Metode
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab

E.       Media dan Alat Peraga
1.      Leaflat
2.      Contoh tablet besi

F.       Sumber
Saifuddin, abdul bari. 2006. Buku acuan nasional pelayanan kesehatan maternal dan neonatal. Jakarta : yayasan bina pustaka sarwono prawirohardjo.

G.      Kegiatan Penyuluhan
No
Waktu
Kegiatan Penyuluhan
Kegiatan Ibu
1
Pembukaan             (5 menit)

Pendahuluan
1.      Menyampaikan salam
2.      Menjelaskan tujuan
3.      Kontrak waktu

a.       Membalas salam
b.      Mendengarkan
c.       Memberi respon
2
Inti
(15 menit)
Inti
Mahasiswa menjelaskan :
1.      Pengertian anemiapada ibu hamil
2.      Ciri-ciri anemia padaibu hamil
3.      Macam –macamanemia
4.      Akibat anemia padaibu hamil
5.      Penatalaksanaan danpengobatan anemia
6.      Cara meminum tabletzat besi yang benar


a.       Menanyakanyang belum jelas
b.      Aktif bersamaMenyimpulkan
c.       Membalas salam
3
Penutup
(10 menit)
Penutup
1.      Tanya jawab

2.      Tes akhir
3.      Menyimpulkan hasilpenyuluhan
4.      Memberi salamPenutup

a.       Menanyakan
yang belum jelas
b.      Aktif bersama
c.       menyimpulkan

d.      Membalas salam

H.      Evaluasi
Prosedur                           : Post Test
Bentuk                             : Lisan
Jenis                                 : Tanya jawab
JenisPertanyaan:
1.      Apa yang dimaksud dengan anemia dan anemia pada ibu hamil?
2.      Apa saja ciri-ciri ibu hamil yang anemia?
3.      Sebutkan macam-macam anemia dan penyebabnya?
4.      Apa akibat anemia pada ibu hamil?
5.      Bagaimana penatalaksanaan dan pencegahan anemia pada ibu hamil?
6.      Bagaimana cara minum tablet zat besi yang benar?






MATERI

ANEMIA PADA IBU HAMIL
A.      Pengertian
Ibu hamil adalah keadaan wanita yang sedang mengandung janin didalam rahimnya karena sel telur telah dibuahi oleh spermatozoa dari pria. Lebih lanjut, kehamilan adalah akibat sel telur yang telah matang kemudian bertemu spermatozoa dari pria sehingga terjadilah proses pembuahan yang kemudian menghasilkan janin (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008).
Ibu hamil adalah kondisi dimana seorang wanita mengandung bayi hasil hubungan seksual antara pria dan wanita (D.S Soewito M, 2010).
Ibu hamil adalah kondisi seorang wanita yang sedang mengandung janin yang merupakan pintu gerbang bagi penciptaan generasi penerus yang handal (Yahya Andi Saputra, 2014).
Anemia adalah penurunan kadar darah dalam membawa oksigen akibat penurunan produksi sel darah merah, dan penurunan hemoglobin dalam darah (Fraser, Diane M. at. el, 2009)
Anemia merupakan suatu keadaan adanya penurunan kadar hemoglobin dibawah nilai normal. Pada penderita anemia lebih sering disebut dengan kurang darah, kadar sel darah merah dibawah nilai normal (Rukiyah, Ai Yeyeh, dkk, 2010).
Ibu hamil dikatakan anemia jika hemoglobin darahnya kurang dari 11gr%. Bahaya anemia pada ibu hamil tidak saja berpengaruh terhadap keselamatan dirinya, tetapi juga padajanin yang dikandungnya (Wibisono, Hermawan, dkk, 2009).
Jadi anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin yang menurun dibawah batas normal, ini karena penurunan kadar darah dalam membawa oksigen akibat produksi sel darah merah. Dan ibu hamil didiagnosis anemia jika kadar hemoglobinya kurang dari 11%.

B.       Ciri-ciri ibu hamil dengan anemia menurut Hermawan Wibisono (2009), yaitu:
Biasanya ibu hamil dengan anemia mengeluhkan sebagian atau keseluruhan ciri-ciri dibawahini, dan untuk memastikannya harus dengan tes kadar Hb dalam darah. Ciri-ciri tersebut antaralain :
a.       Pucat pada bibir, konjungtiva, lidah, gusi, kulit.
b.      Lemah
c.       Letih
d.      Lesu
e.       Lunglai
f.       Nafas terengah-engah
g.      Nyeri dada
h.      Ikterus

C.      Macam-macam anemia pada ibu hamil menurut Arisman (2007), yaitu:
1.      Anemia defisiensi besi/ karena kekurangan zat besi
Penyebab tersering anemia selama kehamilan dan masa nifas adalah defisiensi besi dankehilangan darah akut. Tidak jarang keduanya saling berkaitan erat, karena pengeluaran darahyang berlebihan disertai hilangnya besi hemoglobin dan terkurasnya simpanan besi pada suatukehamilan dapat menjadi penyebab penting anemia defisiensi besi pada kehamilan berikutnya.
Padagestasi biasa dengan satu janin, kebutuhan ibu akan besi yang dipicu oleh kehamilannya rata-ratamendekati 800 mg; sekitar 500 mg, bila tersedia, untuk ekspansi massa hemoglobin ibu sekitar200 mg atau lebih keluar melalui usus, urin dan kulit. Jumlah total ini 1000 mg jelas melebihicadangan besi pada sebagian besar wanita. Kecuali apabila perbedaan antara jumlah cadanganbesi ibu dan kebutuhan besi selama kehamilan normal yang disebutkan diatas dikompensasi olehpenyerapan besi dari saluran cerna, akan terjadi anemia defisiensi besi.
Dengan meningkatnya volume darah yang relatif pesat selama trimester kedua, makakekurangan besi sering bermanifestasi sebagai penurunan tajam konsentrasi hemoglobin.Walaupun pada trimester ketiga laju peningkatan volume darah tidak terlalu besar, kebutuhanakan besi tetap meningkat karena peningkatan massa hemoglobin ibu berlanjut dan banyak besiyang sekarang disalurkan kepada janin. Karena jumlah besi tidak jauh berbeda dari jumlah yangsecara normal dialihkan, neonatus dari ibu dengan anemia berat tidak menderita anemiadefisiensi besi ( Arisman, 2007 ).

2.      Anemia karena perdarahan
Sering terjadi pada masa nifas. Solusio plasenta dan plasenta previa dapat menjadisumber perdarahan serius dan anemia sebelum atau setelah pelahiran. Pada awal kehamilan,anemia akibat perdarahan sering terjadi pada kasus-kasus abortus, kehamilan ektopik, dan molahidatidosa. Perdarahan masih membutuhkan terapi segera untuk memulihkan danmempertahankan perfusi di organ-organ vital walaupun jumlah darah yang diganti umumnyatidak mengatasi difisit hemoglobin akibat perdarahan secara tuntas, secara umum apabilahipovolemia yang berbahaya telah teratasi dan hemostasis tercapai, anemia yang tersisaseyogyanya diterapi dengan besi. Untuk wanita dengan anemia sedang yang hemoglobinnyalebih dari 7 g/dl, kondisinya stabil, tidak lagi menghadapi kemungkinan perdarahan serius, dapatberobat jalan tanpa memperlihatkan keluhan, dan tidak demam, terapi besi selama setidaknya 3bulan merupakan terapi terbaik dibandingkan dengan transfusi darah ( Sarwono, 2008 ).

3.      Anemia karena radang/ keganasan
Gejala-gejala tubuh lemah, penurunan berat badan, dan pucat sudah sejak jaman duludikenal sebagai ciri penyakit kronik. Berbagai penyakit terutama infeksi kronik dan neoplasmamenyebabkan anemia derajat sedang dan kadang-kadang berat, biasanya dengan eritrosit yansedikit hipokromik dan mikrositik. Dahulu, infeksi khususnya tuberculosis, endokarditis, atauesteomielitis sering menjadi penyebab, tetapi terapi antimikroba telah secara bermaknamenurunkan insiden penyakit-penyakit tersebut. Saat ini, gagal ginjal kronik, kanker dankemoterapi, infeksi virus imunodefisiensi manusia (HIV), dan peradangan kronik merupakanpenyebab tersering anemia bentuk ini.
Berbagai penyakit kronik dapat menyebabkan anemia selama dalam masa kehamilan. Beberapadiantaranya adalah penyakit ginjal kronik, supurasi, penyakit peradangan usus (inflammatorybowel disease), lupus eritematosus sistemetik, infeksi granulomatosa, keganasan, dan arthritisremotoid. Anemia biasanya semakin berat seiring dengan meningkatnya volume plasma melebihiekspansi massa sel darah merah. Wanita dengan pielonfritis akut berat sering mengalami anemianyata. Hal ini tampaknya terjadi akibat meningkatnya destruksi eritosit dengan produksieritropoietin normal (D.S Soewito M, 2010).

4.      Anemia aplastik karena kerusakan sumsum tulang.
                             Anemia aplastik adalah suatu penyulit yangparah. Diagnosis ditegakkan apabila dijumpai anemia, biasanya disertai trombositopenia,leucopenia, dan sumsum tulang yang sangat hiposeluler (). Pada sekitar sepertigakasus, anemua dipicu oleh obat atau zat kimia lain, infeksi, radiasim, leukemia, dan gangguanimunologis.
Penurunan mencolok sel induk yangterikat di sumsum tulang adalah kelainan fungsional mendasar. Banyak bukti yang menyatakan bahwa penyakit ini diperantarai olehproses imunologis (Wibisono Hermawan, 2009). Pada penyakit yang parah, yangdidefinisikan sebagai hiposelularitas sumsum tulang yang kurang dari 25 persen, angkakelangsungan hidup 1 tahun hanya 20 persen (Suhemi, 2007).


5.      Anemia hemolitik karena usia sel darah merah yang pendek
Anemia hemolitik disebabkan penghancuran/pemecahan sel darah merah yang lebih cepatdari pembuatannya. Ini dapat disebabkan oleh :
a.       Faktor intra kopuskuler dijumpai pada anemia hemolitik heriditer, talasemia, anemia selsickle (sabit), hemoglobin, C, D, G, H, I danparaksismal nokturnal hemoglobinuria
b.      Faktor ekstrakorpuskuler, disebabkan malaria, sepsis, keracun zat logam, dan dapatbeserta obat-obatan, leukemia, penyakit hodgkin dan lain-lain.
Gejala utama adalah anemia dengan kelaina-kelainan gambaran darah, kelelahan,kelemahan, serta gejala komplikasi bila terjadi kelainan pada organ-organ vitalPengobatan bergantung pada jenis anemia hemolitik serta penyebabnya. Bila disebabkan olehinfeksi maka infeksinya di berantas dan diberikan obat-obat penambah darah. Namun, padabeberapa jenis obat-obatan, hal ini tidak memberikan hasil. Maka transfusi darah yang berulangdapat membantu penderita ini.

6.      Anemia megaloblastik karena gangguan pencernaan
Anemia megaloblastik yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 selama kehamilansangat jarang terjadi, ditandai oleh kegagalan tubuh menyerap vitamin B12 karena tidak adanyafaktor intrinsik. Ini adalah suatu penyakit autoimun yang sangat jarang pada wanita dengankelainan ini. Defisiensi vitamin B12 pada wanita hamil lebih mungkin dijumapai pada merekayang menjalani reseksi lambung parsial atau total. Kausa lain adalah penyakit Crohn, reseksiileum, dan pertumbuhan bakteri berlebihan di usus halus.
Kadar vitamin B12 serum diukur dengan radio immunoassay. Selama kehamilan, kadarnonhamil karena berkurangnya konsentrasi protein pengangkut B12 transkobalamin. Wanitayang telah menjalani gastrektomi total harus diberi 1000 mg sianokobalamin (vitamin B12)intramuscular setiap bulan. Mereka yang menjalani gastrektomi parsial biasanya tidakmemerlukan terapi ini, tetapi selama kehamilan kadar vitamin B12 perlu dipantau. Tidak adaalasan untuk menunda pemberian asam folat selama kehamilan hanya karena kekhawatiranbahwa akan terjadi gangguan integritas saraf pada wanita yang mungkin hamil dan secarabersamaan mengidap anemia pernisiosa Addisonian yang tidak terdeteksi (sehingga tidakdiobati).

7.      Anemia karena penyakit keturunan misalnya anemia sel sabit
Penyakit sel sabit (sickle cell disease) adalah suatu penyakit keturunan yang ditandai dengansel darah merah yang berbentuk sabit dan anemia hemolitik kronik. Pada penyakit sel sabit, seldarah merah memiliki hemoglobin (protein pengangkut oksigen) yang bentuknya abnormal,sehingga mengurangi jumlah oksigen di dalam sel dan menyebabkan bentuk sel menjadi sepertisabit.
Sel yang berbentuk sabit menyumbat dan merusak pembuluh darah terkecil dalam limpa, ginjal,otak, tulang dan organ lainnya; dan menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke organtersebut. Sel sabit ini rapuh dan akan pecah pada saat melewati pembuluh darah, menyebabkananemia berat, penyumbatan aliran darah, kerusakan organ dan mungkin kematian.
Anemia sel sabit adalah kondisi serius di mana sel-sel darah merah menjadi berbentuk bulansabit, seperti huruf C. Sel darah merah normal berbentuk donat tanpa lubang (lingkaran, pipih dibagian tengahnya), sehingga memungkinkan mereka melewati pembuluh darah dengan mudahdan memasok oksigen bagi seluruh bagian tubuh. Sulit bagi sel darah merah berbentuk bulansabit untuk melewati pembuluh darah terutama di bagian pembuluh darah yang menyempit,karena sel darah merah ini akan tersangkut dan akan menimbulkan rasa sakit, infeksi serius, dankerusakan organ tubuh.


D.      Akibat anemia pada ibu hamil menurut Wibisono Hermawan (2009) yaitu:
Akibat anemia pada ibu hamil antara lain :
a.       Abortus
b.      Persalinan preterm/sebelum waktunya
c.       Proses persalinan lama
d.      Perdarahan setelah persalinan
e.       Syok
f.       Infeksi pada saat dan sesudah persalinan
g.      Payah jantung
h.      Bayi lahir prematur
i.        Bayi cacat bawaan
j.        Kekurangan cadangan besi
k.      Kematian janin
l.        Kematian ibu

E.       Penatalaksanaan dan pencegahan anemia pada ibu hamil menurut Sodikin (2009) yaitu:
Penatalaksanaan dan pencegahan yang umum dilakukan adalah dengan pemberian suplemenzat besi sedikitnya 1 tablet selama 90 hari berturut-turut selama masa kehamilan. Pemeriksaankadar Hb semua ibu hamil dilakukan pada kunjungan ANC pertama dan pada minggu ke-28.
Apabila ditemukan ibu hamil dengan anemia berikan tablet Fe 2-3 kali 1 tablet perhari dandisarankan untuk tetap minum tablet zat besi sampai 4-6 bulan setelah persalinan. Pada ibu hamiltrimester 3 dengan anemia perlu diberi zat besi dan asam folat secara IM dan disarankan untukbersalin di rumah sakit.
Pencegahan juga bisa dilakukan secara mandiri dengan mengkonsumsi makanan yangmengandung gizi seimbang (4 sehat 5 sempurna) dan memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi seperti hati ayam (disarankan hati ayam kampung) ataupunsapi, sayur bayam dan juga buah-buahan (disarankan hati hewan, sayur dan buah organik).
Dengan mengkonsumsi semua makanan tersebut, zat besi yang sangat diperlukan oleh sel-seldarah merah dapat terpenuhi secara maksimal dan dapat terhindar dari. Periksakan sedinimungkin apabila terdapat tanda-tanda anemia, agar langkah-langkah antisipasi bisa segeradilakukan.

F.       Cara meminum Tablet zat besi menurut Ai Yeyeh Rukiyah (2014) yaitu:
1.      Sehari minum 1 tablet Fe pada malam hari sebelum tidur untuk mengurangi rasa mual
2.      Minum tablet Fe bersamaan dengan vitamin C dan vitamin B12, misalnya dengan jusjeruk atau air lemon untuk membantu proses penyerapan.
3.      Jangan minum tablet Fe bersamaan dengan kopi, teh, alkohol dan susu karena dapatmenghambat proses penyerapan.




PENUTUP

Kehamilan adalah akibat sel telur yang telah matang kemudian bertemu spermatozoa dari pria sehingga terjadilah proses pembuahan yang kemudian menghasilkan janin.
Anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin yang menurun dibawah batas normal, dan ibu hamil didiagnisis anemia jika kadar hemoglobinya kurang dari 11%.
Dengan disusunya makalah satuan acara penyuluhan ini penulis berharap para pendengar dapat mengerti apa yang disebut dengan anemia dan dapat mewaspadai terjadinya anemia khususnya pada ibu hamil agar angka komplikasi yang terjadi pada ibu hamil akibat penyakit anemia dapat berkurang.




DAFTAR PUSTAKA

saifuddin, abdul bari. (2006). Buku acuan nasional pelayanan kesehatan maternal       dan neonatal. Jakarta : yayasan bina pustaka sarwono prawirohardjo.
Rukiyah, dkk.(2009). AsuhanKebidanan I (Kehamilan).CV.Trans Info Media.       Jakarta.
Arisman.(2009). GiziDalamDaurKehidupan.EGC. Jakarta



Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)