Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

Dasar-dasar Produksi Program CAI Model Tutorial dengan menggunakan Software Macromedia Flash


Dasar-dasar Produksi Program CAI Model Tutorial dengan menggunakan Software Macromedia Flash

Berikut adalah tahapan untuk memproduksi program CAI model tutorial dengan menggunakan Macromedia Flash. Sebetulnya software pembangun bisa juga menggunakan software terbaru saat ini, seperti articulate presentation, quizmac, dan sejenisnya. 
Berikut adalah tahapan standar yang harus dilakukan :
·      Pengenalan software macromedia flash
·      Membuat teks
·      Mengimpor image (gambar, foto, grafik)
·      Animasi sederhana dengan macromedia flash
·      Membuat button
·      Memasukan audio
·      Membuat action script (bahasa pemrograman macromedia flash)

Macromedia flash merupakan software yang digunakan oleh para programmer pembelajaran interaktif, karena macromedia ini tergolong yang paling mudah digunakan. Macromedia memiliki kemampuan untuk menampilkan multimedia dengan sistem penggunaan pemrograman action script. Melalui action script, maka program yang diproduksi akan sangat mudah dan cepat serta cukup menarik.

Membuat Teks
Dalam merancang teks seperti yang telah Anda pelajari pada materi tahapan pengembangan program CAI model tutorial, Anda harus mampu menyajikan informasi atau materi yang terdapat dalam program yang dilengkapi soal-soal latihan. Sebagai contoh, Anda akan mengetik kalimat : SELAMAT DATANG DALAM PROGRAM CAI TUTORIAL. Maka langkah yang harus dilakukan yaitu :
1.     Pilih simbol T dalam Tools
2.     Ketikkan judul diatas pada stage.
3.     Untuk memilih ukuran dan jenis teks, klik show character.
·      Mengimpor gambar, langkah-langkah mengimpor gambar :
1.      Pada menu bar klik file
2.      Klik import kemudian pilih gambar yang terdapat dalam suatu folder di komputer Anda
3.      Kemudian klik open
·      Membuat Animasi Sederhana dengan Macromedia Flash
Animasi merupakan gerakan yang membuat objek mati seakan terlihat bisa bergerak. Terdapat berbagai cara untuk menganimasikan sebuah objek dengan macromedia flash; salah satunya dengan permainan key frame, langkah yang dapat Anda tempuh untuk membuat animasi dengan key frame, yaitu :
1.      Seleksi objek yang akan dianimasikan (misalnya karakter berkepala gundul)
2.      Klik kanan frame ke-5 dari frame objek itu berada
3.      Klik insert key frame
4.      Seleksi interval frame 1 sampai frame 5
5.      Klik kanan, klik create motion tween
6.      Pada frame 5 klik kanan, lalu klik insert key frame
7.      Pindahkan jarum pada penunjuk frame ke frame 1
8.      Kemudian seleksi objek. Pindahkan sesuai dengan keinginan Anda
9.      Coba mainkan animasi tersebut dengan menekan tombol Ctrl
+ Enter.
·      Membuat Button (Tombol)
Terdapat dua cara untuk membuat button dalam sebuah program, yaitu dengan memanfaatkan button yang telah disediakan Flash dan membuatnya secara manual.
Ø  Cara memanfaatkan button yang telah disediakan Flash :
1.     Klik menu window pada menu bar
2.     Klik common library
3.     Klik button
4.     Pilih salah satu jenis button pada library dengan cara : drag button yang dipilih ke dalam stage
Ø  Membuat button secara manual :
1.     Buat gambar berbentuk lingkaran dengan menggunakan Oval pada tools.
2.     Seleksi gambar tersebut
3.     Pilih menu insert pada menu bar
4.     Pilih Convert to symbol (Kemudian muncul Dialog Box)
5.     Pada kotak nama beri nama button tersebut misalnya dengan “Tombol”
6.     Klik button pada pilihan Behaviour
7.     Klik OK
·      Memasukkan Audio
Kemampuan menampilkan audio yang menyatu dengan program merupakan salah satu kelebihan dari Macromedia Flash. Program pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa jika disisipkan unsur audio ke dalam program tersebut. Perhatikan cara memasukkan audio ke dalam program yang Anda buat :
1.     Pada menu bar pilih window
2.     Klik common library
3.     Klik sound
4.     Klik frame yang ingin diberi suara
5.     Drag jenis sound yang terdapat dalam library ke dalam stage
·      Membuat Action Script
Flash megategorikan action kedalam dua kategori, yaitu, frame action dan object action. Frame action adalah sekumpulan action yang diberikan pada satu frame. Frame action tidak memerlukan input dari pemakai pada saat mencapai suatu frame yang menggunakan action. Flash akan mengerjakan instruksi-instruksi yang diberikan pada frame tersebut. Object action adalah sekumpulan action yang diberikan pada suatu button atau movie clip. Dalam buku ini, Anda akan belajar membuat kedua jenis action tersebut.
Ø  Cara membuka panel action :
1.     Klik suatu frame, button atau movie clip
2.     Pada menu bar, pilih window atau klik kanan pada tetikus kemudian klik action pada menu yang muncul
3.     Untuk memilih panel, klik tombol panah di pojok kanan bawah panel action
Ø  Membuat action pada button untuk menghubungkan pada frame selanjutnya :
1.     Klik suatu button
2.     Pada menu bar pilih window atau klik kanan pada tetikus kemudian klik action pada menu yang muncul
3.     Untuk memilih panel, klik tombol panah di pojok kanan bawah panel action
4.     Pilih basic action
5.     Pilih go to and play
6.     Pada scene pilih : (Current Scene), Type : Frame Number, Frame : 2
Ø  Membuat action pada frame untuk menghentikan frame tersebut :
1.     Klik suatu frame
2.     Pada menu bar pilih window atau klik kanan pada tetikus kemudian klik action pada menu yang muncul
3.     Untuk memilih panel, klik tombol panah di pojok kanan bawah panel action
4.     Pilih basic action
5.     Pilih stop
Ø  Membuat action pada button untuk pertanyaan pilihan ganda :
1.     Klik suatu button (misalnya option A)
2.     Pada menu bar pilih window atau klik kanan pada tetikus kemudian klik action pada menu yang muncul
3.     Untuk memilih panel, klik tombol panah di pojok kanan bawah panel action
4.     Pilih basic action
5.     Pilihlah On (press), Go to and play (2);
6.     Else; go to and play (respons salah);

Sebuah Refleksi
Tutorial pada dasarnya memberikan petunjuk dan arahan melalui perintah-perintah berkondisi yang mengharapkan peserta didik mampu mengikuti alur pembelajaran secara bercabang. Dalam konsep pembelajaran berprogram disebut dengan tipe branching. Kemunculan inovasi dalam dunia Teknologi Informasi dalam hal ini pemanfaatan hardware maupun software dibidang komputer, telah memberikan warna baru dalam inovasi model-model pembelajaran. Bentuknya sering dikenal dengan istilah Computer Based Instruction (CBI), Computer Assited Instruction (CAI), dan sejenisnya.
Melalui perpaduan kedua konsep antara model tutorial dan CAI atau CBI, maka optimalisasi temuan model pembelajaran interaktif diharapkan akan lebih dinamis dan komprehensif. Temuan yang diharapkan sebagaimana yang tersirat dalam buku ini akan menjadi bagian yang terintegrasi dengan upaya pengikatan kualitas pembelajaran, baik di bidang persekolahan maupun luar sekolah, diklat dan sejenisnya.


Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)