HAKIKAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Berbagai Pemaknaan Tentang Multimedia
Menurut
sudut pandang ahli media, sebelum berkembangnya dunia teknologi informasi,
bahwa multimedia dipandang sebagai suatu pemanfaatan “banyak” media yang
digunakan dalam suatu proses interkasi penyampaian pesan dari sumber pesan
kepada penerima pesan.
Dalam
salah satu buku referensi multimedia in
the classroom, dijabarkan bahwa multimedia is the combination of the
foloowing elements: text, color, grapihics, animation, audio and video.
Menurut Rosch (1996) multimedia dipandang sebagai kombinasi antara komputer dan
video.
Dalam
konteks pembelajaran multimedia telah mampu memberikan berbagai ciri dan
prinsip sehingga sebuah pembelajaran dapat dikatakan menggunakan multimedia,
jika didalamnya memliki karakteristik sebagai berikut :
·
Content
resresentation
·
Full
color and high resolution
·
Melalui media elektronik
·
Tipe-tipe pembelajaran dan
penguatan
·
Mengembangkan prinsip self evaluation
·
Dapat digunakan secara
klasikal atau individual.
Setelah
Elenor (1988) yang mendukung perwujudan dari konsep teknologi pendidikan yaitu
dengan mengenalkan drill and practice
dalam sebuah pembelajar, sejak itulah berkembangkah berbagai istilah
pembelajaran dengan berbatuan komputer sebagai berikut: CAI,
CAL, CBI, CBT, CML, CBE, CAI, CAL, CMI, CSRL.
Dalam
membangun multimedia interaktif ini dibutuhkan kejelian dalam memilih software
yang memiliki basis berbeda-beda. Berikut ini adalah klasifikasi karateristik
masing-masing software pembangunan program multimedia interaktif.
karakteristik
|
Berbasis bitmap (directorat, authoware)
|
Barbasis vektor (macromedia flash, swish)
|
Support
|
X
|
√
|
Video
|
√
|
X
|
Animasi
2d
|
√
|
√
|
Animasi
3d
|
√
|
X
|
Image/gambar
resolusi
|
√
|
√
|
Kapasitas file
|
√
|
√
|
Suara/fx
|
√
|
X
|
Data based
|
√
|
X
|
interaktivitas
|
√
|
√
|
Analisis Komputerisasi Pemelajaran
Konsep pembelajaran interaktif dalam CBI
Pembelajaran
interaktif berbasis komputer tidak sekedar memidahkan teks dalam buku atau
modul menjadi pembelajaran interaktif, tetapi materi diseleksi.
Konsep multimedia dalam CBI
Materi
yang dikemas secara multimedia mencakup teks, animasi suara dan video sesuai
tuntutan materi.
Tipe-tipe pembelajaran yang bervariasi
Komputer
based inturaction, yaitu:
·
Tipe pembelajaran tutorial
·
Tipe pembelajaran simulasi
·
Tipe pembelajaran permainan/games
·
Tipe pembelajaran latihan (drills)
Pengguanan
tipe ini dapat dilakukan pengabungan atau terpisah sesuai dengan tuntutan
materi dan permintaan pembuatan.
Respon pembelajaran dan penguatan
Pembelajaran
interaktif berbasis Web memberikan
respons terhadap akan stimulus yang diberikan oleh siswa pada saat
mengoperasikan program.
Hakikat Pembelajaran Berbasis MMI
Program
pembelajaran interaktif berbasis komputer memiliki nilai lebih, dibandingkan
bahan pembelajaran cetak biasa. Pembelajaran interaktif mampu mengaktifkan
siswa untuk pembelajaran dengan motifasi yang tinggi. Ada tiga fungsi media
yaitu:
Suplemen (tambahan). Apabila peserta didik
mempunyai kebebbasan memilih akan manfaat materi pembelajaran elektonika atau
tidak.
Koplemen (perlengakapan). Materi pembelajaran
elektonik diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima oleh
peserta didik didalam kelas.
Subtansi (pengganti). Tujuan dari substansi sendiri
adalah untuk membatu dan mempermudah mahasiswa mengelola kegiatan pembelajaran perkuliahannya
sehingga para mahasiswa dapat menyesuaikan waktu dan aktivitas.
Prosedur Teknis Pengembangan
Uraian
prosedur pembuatan model pembelajaran multimedia interaktif (MMI), yaitu:
·
Analisis kebutuhan
·
Identifikasi materi
·
Menetukan model pembelajaran
·
Desain flow chart
·
Penulisan story board
·
Pengumpulan bahan grafis
·
Pengumpulan bahan animasi
·
Pemrograman
·
Finishing,
mastering
·
Uji coba
·
Reverensi produk akhir.
Comments
Post a Comment