Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

MENGEMBANGKAN STORY BOARD DALAM MEDIA PEMBELAJARAN


MENGEMBANGKAN STORY BOARD DALAM MEDIA PEMBELAJARAN


Apa Itu Story Board

Story board merupakan penjabaran dari alur pembelajaran yang sudah didesain (flow chart) yang berisi informasi pembelajaran dan prosedur serta petunjuk pembelajaran. 
Story board menunjukan apa saja aktifitas yang harus dilakukan siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran multimedia yang dibangun. Sebagai contoh, jika peserta didik akan belajar dengan pembelajaran multimedia interaktif model tutorial, tahapan selama siswa mengikuti pembelajaran dijelaskan secara detail, disamping itu juga dipaparkan isi atau uraian materinya secara lengkap yang disertai aktivitas guru yang menjadi fasilitator. Pada bagian pembahasan story board ini akan dijelaskan pembahasannya secara detail.

Fungsi Story Board

Fungsi-fungsi story board dalam konteks pembelajaran multimedia interaktif atau CAI, yaitu:
·      Sebagai media yang memberikan penjelasan secara lebih lengkap apa yang terdapat pada setiap alur didalam flow charts
·      Sebagai pedoman bagi programmer dan animator dalam merealisasikan rencana program ke dalam bentuk bahasa program dan animasi
·      Sebagai pedoman bagi pengisi suara (narrator) dan teknisi rekaman dalam merekam suara untuk kebutuhan naskah
·      Sebagai dokumen tertulis
·      Sebagai bahan dalam pembuatan manual book.

Format Story Board

Pada pembuatan naskah/skrip untuk program film/video format yang biasa digunakan pada umumnya memiliki standar yang baku. Namun, untuk pembuatan story board, CBI tidak memiliki satu standar khusus dalam format penulisannya.Sesuai dengan fungsinya sebagai media komunikasi antara penulis naskah dan programmer serta animator.
Jika dilihat dari awal pengembangannya, story board merupakan papan cerita yang berupa kartu berukuran 10x15cm yang didalamnya berisikan gambar atau penjelasan visual yang akan diambil oleh kamera dengan disertai keterangan bentuk-bentuk pengambilan visual serta audio yang akan menyertai gambar tersebut.
Dalam pengisian format story board, hal-hal berikut perlu diperhatikan:
·      Bentuk-bentuk gambar yang disiapkan disertai dengan penjelasan-penjelasan atau narasi
·      Penulisan story board ini sebaiknya kemudian untuk melengkapi hal-hal yang sulit diungkapkan dalam bentuk visual
·      Bahasa yang digunakan adalah bahasa lisan bukan bahasa tulisan
·      Struktur kalimat sederhana, hindari kalimat-kalimat yang panjang dan berbelit
·      Simbol dalam bentuk yang sederhana, jelas dan maknanya serta sudah diketahui oleh siswa
·      Gambar dalam bentuk yang menarik, warna kontras, komposisi yang tepat dan sederhana, mudah dibaca dan difahami.

Istilah-istilah dalam Story Board

Dalam membuat story board, perlu juga diperhatikan istilah teknis. Istilah teknis dalam MMI pada dasarnya ada dua, yaitu :
1.    Istilah khusus untuk visual misalnya video dan animasi. Diantaranya close up, extreme close up, long shoot, zoom in, zoom out, establishing shot, high angle, low angle, dan lain-lain.
2.    Khusus istilah teknis dalam pengoperasian program diantaranya sebagai berikut :
·         Mouse over
Artinya pada saat tetikus mendekati objek yang diberi perintah mouse over, maka akan tampil teks penjelas atau onbjek gambar.
·         Drag
Artinya menekan tetikus sambil medorongnya, selama tetikus ditekan oleh icon tidak boleh dilepaskan.
·         Drop and Drag
Artinya objek yang akan dipindahkan disorot terlebih dahulu, mirip juga dengan perintah drag
·         Enter
Satu perintah untuk menjalankan program dengan cara menekan enter pada papan tombol, dengan mengarahkan pointer terlebih dahulu pada icon yang akan di-enter
·         Input Text
Perintah dimana pengguna program dipersilahkan untuk mengetikkan teks pada pointer aktif yang telah disediakan
·         Alert
Munculnya respons seketika, berupa kotak dialog, yang berisi tulisan penjelasan, peringatan dan respons
·         Tooltip
Hampir mirip dengan mouse over, tetapi tooltip dikhususkan untuk memberikan penjelasan pada toolbar atau menu fail
·         Scroll
alat untuk menggeser sebelah kanan atau kiri apabila teks/gambar yang disajikan melebihi lebar layar monitor atau juga untuk melihat tampilan setial halaman.
·         Radio button
Perintah untuk membuat tampilan dimana pengguna dapat mengklik tombol option tersedia., biasanya digunakan untuk polling, pengisian checklist dan lain-lain
·         Password
Artinya kunci rahasia yang diketik dalam bentuk karakter baik string maupun integer sebagai identitas pribadi pengguna membuka akses ke windows
·         Hyperlink
Menghubungkan atau melakukan hubungan antar file, project dalam sebuah program pembelajaran multimedia interaktif atau CAI.
·         Next
Perintah untuk lanjut pada frame/slide
·         Back
Perintah untuk kembali pada frame/slide sebelumnya
·         Exit
Perintah untuk keluar dari program atau keluar dari jendela yang akan dalam program terbalik

·    Backsound Music terdiri dari : fade in dan fadeout, smashmusic convertraction, relaxation, motivation, production, insert sound, backsound.

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)