Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

Konsep Dasar Imunisasi: Pengertian, Jenis, Jadwal Pemberian dan Macam Kekebalan


Konsep Dasar Imunisasi: Pengertian, Jenis, Jadwal Pemberian dan Macam Kekebalan

A.    Pengertian Imunisasi
Kata imun berasal dari bahasa Latin (imunitas) yang berarti pembebasab (kekebalan) yang diberikan kepada para senator Romawi selama masa jabatan mereka terhadap kewajiban sebagai warganegara biasa dan terhadap dakwaan. Dalam sejarah istilah ini kemudian berkembang sehingga pengertiannya berubah menjadi perlindungan terhadap penyakit, dan lebih spesifik lagi, terhadap penyakit menular.

Imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penykit dengan memasukkan sesuatu kedalam tubuh agr agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang (blog indonesia,2008).
Banyak hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua agar tubuh kembang anak tidak terganggu. Salah satu hal yang patut dicermati adalah kesehatan anak. Jangan sampai di masa emas prtumbuhannya, anak terjangkit penyakit yang membahayakan fisik apalagi jiwanya oleh karena itu, orang tua mesti waspada terhadap penyakit yang senantiasa mengancam kesehatan anak.
”Lebih baik mencegah dari pada mengobati“. Ini ungkapan yang tepat, karena dalam dunia kesehatan modern seperti sekarang, bukan lagi soal pengobatan yang terpenting, melainkan cara pencegahannya. Sebab, apabila tindakan yang dilakukan menunggu anak sakit terlebih dahulu, maka biayanya bisa menjadi semakin tinggi.
Salah satu cara yang tepat untuk mengantisipasi kemungkinan anak terinfeksi penyakit sewaktu-waktiu mengancam ialah pemberian imunisasi sebagaimana yang dianjurkan. Imunisasi sangat diperlukan demi memberikan perlindungan, pencegahan, sekaligus membangun kekebalan tubuh anak teerhadap berbagai penyakit menular maupun penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan kecacatan tubuh, bahkan kematian.(Mahayu,2014:85)
Pemberian imunisasi secara lengkap dan sesuai jadwal bukan hanya bermanfaat untuk menghasilkan kekebalan tubuh terhadp penyakit,melain juga mencegah penularan penyakit atau wabah. Imunisasi termasuk salah satu jenis usaha memberikan kekebalan kepada anak dengan memasukkan vakin ke dalam tubuh guna membuat zat anti untuk mecegah terhadap penyakit tertentu. Sdangkan, yang dimaksud dengan vaksin adalah bahan yang digunakan untuk merangsang pembentukkan zat anti, yanh dimasukan ke dalam tubuh melalui suntikan (mialnya,vaksin BCG, DPT, dan campak) dan mulut (contohnya, vaksin polio).
Program imunisasi merupakan cara terbaik untuk melindungi seseorang dari serangan penyakit yang berbahaya dan mematikan, khususnya bagi bayi dan anak-anak. Beberapa peneliti telah membuktikan bahwa banyak sekali kematian akibat penyakit bisa dicegah dengan imunisasi,diharapkan bisa menurunkan angka morbiditas dan mortalitas, serta mampu mengurangi kecacatan akibat penyakit.
Ada beberapa penyakit infeksi yang cukup berbahaya dan bisa dicegah dengan baik oleh imunisasi, di antaranya adalah penyakit polio, campak, hepatitis A dan B, serta tetanus. Memang tidak semua penyakit ini membahayakan jiwa manusia, tetapi jika tidak diberikan imunisasi untuk mencegahnya, maka kejadian seperti cacat tubuh sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, pemerintah mencanangkan program imunisasi untuk mengantisipasi dan mencegah kemungkinan terburuk dari beberapa penyakit yang bisa menimpa anak.
Berikut beberapa manfaat imunisasi bagi bayi dan anak-anak :
1)      Menghindari bayi dan anak dari serangan penyakit.
2)      Meningkatkan kekebalan anak terhadap penyakit tertentu.
3)      Memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit menular.
4)      Meningkatkan derajat kesehatan nasional karena semakin jarang penyakit.
5)      Lebih menghemat biaya untuk keperlun berobat.
(Mahayu,2014 :86)

B.     Jenis – jenis Imunisasi
1)         Imunisasi pasif (passive immunization)
Imunisasi pasif ini adalah “inmuno globulin” jenis imunisasi ini dapat mencegah penyakit campak (measles pada anak)
2)         Imunisasi aktif (active immunization)
a)      Hepatitis B
Imunisasi Hepatitis B berfungsi untuk memberi tubuh kekebalan terhadap penyakit hepatitis B, penyakit hepatitis disebabkan oleh virus yang telah mempengaruhi organ liver (hati). Bayi yang terjangkit virus hepatitis beresiko terkena kangker hati atau kerusakan pada hati.
Penularan Virus Hepatitis B biasanya disebarkan melalui kontak dengan cairan tubuh (darah, air liur, air mania tau dari ibu ke anak pada saat melahirkan). Gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit Hepatitis B mirip flu, yaitu hilangnya nafsu makan, mual, rasa lelah, mata kuning dan muntah serta demam, urine menjadi kuning, dan sakit perut.
Imunisasi ini diberikan tiga kali pada umur 0-11 bulan melalui intramuscular, sedangkan yang diberikan sesaat setelah lahir atau dapat diberikan  pada usia 0-7 hari yaitu vaksin B-PID. Efek samping yang terjadi yaitu berupa reaksi lokal seperti rasa sakit, kemerahan dan pembungkakan disekitar tempat penyuntikan, reaksi yang terjadi bersifat ringan dan biasanya hilang setelah 2 hari.
b)      BCG
Imunisasi BCG berfungsi untuk mencegah penularan TBC (Tuberkulosis). Kemasan vaksin BCG dalam 1 ampul, beku kering dilarutkan ke 4 ml pelarut. Imunisasi BCG dilakukan pada bayi usia 0-2 bulan sebanyak 0,05 cc yang di suntikan secara intrakutan di daerah lengan kanan atas.
Kontra indiikasi imunisasi BCG yaitu tidak boleh diberikan pada kondisi seorang anak yang menderita penyakit kulit yang berat atau menahun, seperti eksim. Efek samping setelah diberikan imunisasi BCG, reaksi yang timbul tidak seperti pada imunisasi vaksin lain. Imunisasi BCG tidak menyebabkan demam.
Setelah 1-2 minggu di berikan imunisasi, akan timbul indurasi dan kemerahan ditempat suntikan yang berubah menjadi pustule, kemudian pecah menjadi luka. Luka ini akan sembuh dengan sendirinya secara spontan.
c)      DPT
Imunisasi DPT adalah Vaksin yang diberikan untuk menimbulkan kekebalan aktif dalam waktu yang bersamaan terhadap penyakit difteri, pertusis (batuk rejan/batuk seratus hari), dan tenanus. DPT berfungsi untuk mencegah penyakit diptheri, pertusis, dan tetanus. Vaksin DPT terdapat 3 kemasan sekaligus, pemberian imunisasi DPT dilakukan 3 kali mulai bayi berumur 2 bulan sampai 11 bulan dengan interval 4 minggu melalui injeksi intramuscular pada paha tengah luar. Sedangkan efek samping pemberian imunisasi DPT yaitu demam.
d)     Polio
Polio dapat menyebabkan gejala yang ringan atau penyakit yang sangat parah. Penyakit ini dapat menyerang system pencernaan dan system saraf. Polio dapat menyebabkan demam, muntah-muntah, dan kekauan otot-otot dan dapat menyerang saraf-saraf. Diantara dua sampai lima persen penderita polio akan meninggal.
Imunisasi polio berfungsi untuk mencegah penyakit poliomilitis. Di berikan 4 kali (polio I,II,II, dan IV)Dosis pemberian imunisasi polio sebanyak 2 tetes ke dalam lidah.
e)      Campak
Imunisasi campak diberikan untuk mencegah penyakit campak (measles). Pemberian vaksin campak hanya diberikan satu kali, dapat dilakukan pada umur 9-11 bulan dengan dosis 0,5 cc. sebelum disuntikan, vaksin campak terlebih dahulu dilarutkan dengan pelarut steril yang telah tersedia yang berisi 5 ml cairan pelarut.
f)       Tetanus Toxoid ( TT )
Imunisasi TT diberikan pada ibu hamil dan calon pengantin, imunisasi ini berfungsi untuk mencegah terjadinya tetanus pada bayi yang akan dilahirkan. (Mahayu,2014:87)

C.    Jadwal Pemberian Imunisasi
Sangat bagi para orang tua mengetahui jadwl imunisasi yang diberikan kepada si buah hati. Dengan adanya jadwal tersebut, diharapkan tidak ada imunisasi yang terlewatkan. Jadwal imunisasi ini adalah yang harus diberikan kepada anak. (Mahayu.2014:109)
Tabel 2.1
Pemberian Imunisasi
No
Jenis Imunisasi
Bulan
1
2
3
4
5
6
9
15
1
Hepatitis B
I
II
III
2
BCG
X
3
DPT
I
II
III
4
Polio
I
II
III
IV
5
Campak
X

D.    Macam Kekebalan
Kekebalan terhadap suatu penyakit, menular dapat digolongkan menjadi 2 yakni:
1)      Kekebalan tidak spesifik (non-spesifik resistance)
Yang dimaksud factor-faktor khusus adalah pertahanan tubuh pada manusia yang secara alamiah dapat melindungi badan dari suatu penyakit, misalnya, kulit air mata, cairan-cairan khusus yang keluar dari perut (usus), adanya reflek-reflek tertentu misalnya batuk dan bersin dan sebagainya.
2)      Kekebalan spesifik (specipic resistance)
Kekebalan specipic dapat diperoleh dari dua sumber yakni:
a)      Genetik
Kekebalan yang berasal dari sumber genetic ini biasanya berhubungan dengan ras (warna kulit dan kelompok-kelompok etnis).
b)      Kekebalan yang diperoleh (acquaied immunity)
Kekebalan ini diperoleh dari luar tubuh anak atau orang yang bersangkutan. Kekebalan dapat bersifat aktif, dan dapat bersifat fasif. Kekebalan aktif dapat diperoleh setelah orang sembuh dari penyakit tertentu. Kekebalan juga dapat diperoleh melalui imunisasi, yang berarti kedalam tubuhnya dimasukan organisme pathogen (bibit) penyakit. Kekebalan pasif ini hanya bersifat sementara (dalam waktu pendek saja).

E.     Factor-faktor yang Mempengaruhi Kekebalan
Banyak faktor yang mempengaruhi kekebalan, antara lain umur, sek, kehamilan, gizi dan trauma.
1)      Umur
Untuk beberapa penyakit tertentu pada bayi (anak balita), dan orang tua lebih mudah terserang. Dengan dengan kata lain orang pada usia sangat  muda atau usia tua lebih rentan, kurang kebal terhadap penyakit-penyakit menular tertentu. Hal ini mungkin disebabkan karena kedua kelompok umur tersebut daya tahan tubuhnya rendah.
2)      Jenis Kelamin
Untuk penyakit menular tertenu seperti polio dan diphtheria lebih parah terjadi pada wanita dari pada pria.
3)      Kehamilan
Wanita yang sedang hamil pada umumnya lebih rentan terhadap penyakit-penyakit menular tertentu misalnya penyakit polio, pneumonia, malaria serta amubiasis.
4)      Gizi
Gizi yang baik pada umumnya akan meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit-penyakit infeksi, tetapi sebaliknya kekurangan gizi berakibat kerentanan seseorang terhadap penyakit infeksi.
5)      Trauma
Stress salah satu bentuk trauma adalah merupakan penyebab kerentanan seseorang terhadap suatu penyakit infeksi tertentu.



Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)